Soal Kerjaan, Soal Korupsi, dan Soal Blog

Puji Tuhan, kerjaan kemarin yang sempat bikin saya dan teman-teman harus keburu-buru ngerjainnya akhirnya rampung juga, bahkan yang di luar perkiraan karena aplikasinya selesai sebelum waktunya. Harusnya kan paling lambat hari Jumat sore ya, ternyata aplikasinya rampung di hari Kamis sore! Praise GodSo far kami lumayan puas dengan hasilnya, apalagi karena ternyata dalam waktu yang begitu singkat, kami gak hanya sebatas ngebangun aplikasi tapi banyak belajar juga meski otodidak tentang hal-hal baru baik soal multimedia maupun soal pemrograman karena aplikasi kali ini sedikit berbeda dari yang sebelum-sebelumnya kami kerjakan. Mudah-mudahan nanti manajemen juga bisa sama puasnya dengan kami setelah melihat aplikasi ini :)

Sewaktu lagi sibuk ngerjain aplikasi ini, kami di kantor masih sempat-sempatnya ngerayain ulang tahun Dania, temen kantor saya yang ke-24 :D

Hayo coba tebak siapa yang termuda di antara kami…………….yang pasti bukan saya…huhuhuhuhu

O ya, kalo ada yang pengen tau berapa sebenarnya jumlah anggota tim kami, maka jawabannya jumlahnya ya sejumlah orang yang ada di foto itu :D

Dikit banget kaaann?

Bagian Sistem Informasi di tempat kami ini memang aslinya hanya dikit saja orangnya. Total plus atasan saya hanya 7 orang, di antara 7 itu tiga orangnya cewek, yang lainnya cowok. Udah jumlahnya sedikit, tambah lagi saat ini 1 orang sebulan yang lalu kena serangan jantung (padahal usianya masih muda lhoooo) dan sampe sekarang belum pulih bener setelah pembedahan. 1 orangnya lagi dalam masa cuti berhubung bapaknya sedang kritis. Tapi memang untuk sub bidang pengembangan sistem, hanya ada kami bertiga sih, yang lainnya berada di sub bidang yang berbeda. Walo sedikit, tapi saya bersyukur karena semua yang kami butuhkan ada di kami bertiga. Yang bisa nganalisis dan ngedesain ada, yang ngerti database ada, yang ngerti ngurusin infrastruktur ada, yang bisa pemrograman ada, yang jeli nguji aplikasi juga ada. Jadi yah lumayan komplit lah, walopun tetep kami sebenarnya butuh banget sering dikasih pelatihan sama kantor supaya bisa ngikutin perkembangan teknologi di luar :) *kode ke pak bos, siapa tau beliau baca ini.. :p *

Trus Jumat pagi, karena kerjaan kami sejak Kamis sore dah kelar, kami ikut ngedaftar nonton bareng KVsK alias Kita Versus Korupsi di Studio 21 PIM. Penayangan film yang tidak dipertontonkan secara bebas di bioskop-bioskop ini adalah hasil kerjasama TIT dan perusahaan tempat kami bekerja. Kali mungkin TIT nganggap perlu menayangkan film ini untuk perusahaan kami ini karena ngeliat kalo di sini banyak ladang yang berpotensi menjadi tempat menggarap korupsi kali yak..hihihihi…entahlah :D

Lagi nunggu filmnya diputar…

Belum pernah kan nonton 21 pake pidato pembukaan dulu??? saya pernah! hihihi..jadi sebelum filmnya diputer ada pidato dulu bapak direksi :D

Filmnya sendiri lumayan bagus. Udah pada nonton belum film ini? Filmnya terdiri dari empat film pendek dari sutradara yang berbeda. Yang tragis tuh cerita yang pertama. Tapi yang paling berkesan adalah cerita ketiga yang dibintangin Tora Sudiro dan Dominique, mungkin karena ceritanya diangkat dari kisah nyata si sutradara yakni Ine Febriyanti kali’ yah, jadi tuh rasanya gimana banget…apalagi ceritanya pake ada anak bayi yang sakit bikin perasaan mama-mama kayak saya jadi ikutan sedih :(

Film ini lebih bersifat kampanye pencegahan tindakan korupsi, tujuannya untuk ngingetin kita bahwa hal-hal kecil yang nampak sepele sebenarnya sudah mencerminkan tindakan korupsi. Film ini memang lumayan menekankan tentang pentingnya membangun karakter jujur dalam keluarga karena akan sangat berpengaruh bagi generasi selanjutnya. Orang tua yang jujur akan menjadi teladan dan pengingat yang baik banget untuk anaknya di kemudian hari menjadi orang yang jujur juga.  Ada satu quote yang ngena banget yaitu yang bilang bahwa hal-hal baik yang terjadi sekarang adalah lahir dari hal baik yang dilakukan sebelumnya. Keluarga dan orang tua memang punya peranan yang sangat penting agar korupsi tidak kian membudaya di masyarakat kita, kalo orang tuanya aja udah nyontohin yang gak jujur, biasanya anak-anaknya akan lebih tidak jujur lagi.

Saya gak akan heran kalo ada orang tua yang demi memasukkan anaknya di pekerjaan/profesi tertentu pake nyogok-nyogok segala, di kemudian hari anaknya juga akan melakukan tindakan korupsi dalam pekerjaan/profesinya itu…lha wong orang tuanya aja untuk masukkin dia di kerjaan itu pake KKN kok, ya jelaslah dia musti banyak nyari celah pendapatan lebih supaya orang tuanya bisa balik modal.

Beberapa bulan lalu, saya ngobrol-ngobrol dengan seorang ibu, ibu itu cerita kalo sekarang dia lagi menimbun LM untuk masa depan anaknya. Awalnya sih saya terkesan, karena tadinya saya berpikir ibu itu lagi nyiapin dana untuk anaknya sekolah ke universitas, eh..cerita punya cerita, ternyata si ibu menimbun LM untuk dana masuk anaknya ke akademi profesi tertentu. Ibu itu bilang ke saya katanya untuk masuk perlu dana sekian ratus juta rupiah, yang dimaksudkan dengan dana masuk ke akademi itu ya jelas bukan uang pangkalnya ya, tapi uang untuk bisa lolos yang mana harusnya untuk bisa lolos masuk atau gak ditentukan lewat serangkaian tes. Waktu denger cerita itu, saya langsung ngebayangin, lha untuk masuk aja udah perlu modal sekian ratus juta rupiah, padahal siapapun tau kalo gaji profesi itu apalagi untuk level-level awal terhitung gak begitu besarlah apalagi kalo dibandingkan dengan duit sekian ratus juta rupiah itu.. Ya kalo gitu pantas aja kalo banyak oknum dalam profesi itu yang ngelakuin hal yang gak-gak, untuk memulainya aja udah dengan cara yang buruk gitu dan mungkin ditambah pula mereka juga terpaksa mutar otak gimana caranya supaya uang yang udah dikeluarkan oleh orang tuanya itu bisa balik…ampun deh…

Yang bikin saya tambah ternganga adalah karena ibu itu selalu ngomong tentang Tuhan, pinter bekhotbah lagi… Tapi kok ya masih punya prinsip yang kayak gitu? Dan dia dengan bangganya bercerita ke saya dan ibu-ibu lain yang saat itu ada bareng kami, seolah yang kayak gitu adalah hal yang wajar…ck..ck..ck..ck…

Ah, sudahlah, panjang kalo ngomongin soal korupsi, tar gak kelar-kelar. Yang pasti kesimpulannya, saya pribadi lumayan puaslah nonton filmnya, karena pesannya bagus. Kalo secara sinematografi (apalah pula itu, saya sebenarnya juga gak ngerti :p ), film ini tergolong biasa-biasa aja sih. Seperti biasa dalam film Indonesia, kurang memperhatikan detil, dan aktingnya…tetep keliatan akting banget. Entahlah ya saya tuh kalo liat film Indonesia, memang sih di beberapa film akting aktornya bagus…tapi keliatan banget kalo itu hanya akting. Akting bagus tapi gak natural dan somehow terkesan maksa…entahlah ya mungkin sayanya aja yang aneh dalam menilai :D

O ya, selama kemarin nge-coding, saya juga masih tuh sempet-sempetnya jalan-jalan ke blog temen-temen..hehe…memang ngeblog itu nyandu banget ya, sehari gak mampir ke blog temen-temen kok rasanya ada yang kurang :D

Trus kemarin-kemarin saya sempat baca beberapa tulisan teman-teman yang bercerita soal blognya atau awal mula nulis blognya (keknya kemarin di blognya Tyka, Etty, sama Indah), sekarang kok jadi kepikiran pengen cerita soal blog ini juga..ceritanya nge-copy ide nih :D

Sebenarnya saya udah pernah cerita sebelumnya awal saya ngeblog tuh di tahun 2006, waktu itu pake Friendster yang di-support sama WordPress. Saat itu saya gak punya bayangan sama sekali soal apa itu blog, saya cuma secara gak sengaja bikin blog karena pengen punya photo album di FS. Saya explore sendiri FS blognya sampe akhirnya jadilah blog saya. Saat itu saya gak pernah mampir di blog lain, jadi gak punya contoh gimana blog itu, yang saya tahu ya blog itu gunanya untuk jurnal gitu, sama lah dengan buku harian cuma ini bisa dibaca orang.  Saat itu di FS blog gak ada fasilitas statistiknya, jadi saya gak tau berapa orang yang masuk ke blog saya itu. Tapi temen-temen FS beberapa suka komen, dan kalo saya chat dengan beberapa teman lama, mereka juga suka bahas soal blog saya, di situ saya tau kalo ternyata temen-temen saya juga suka baca blog itu.

Sampe akhirnya saya pindah ke WordPress di bulan Mei 2009 karena yang di FS udah hampir penuh. Sampe pindah itu saya bisa dibilang gak pernah atau jarang banget jalan-jalan ke blog lain kecuali ke blog temen saya Puti. Sampe saat itu saya gak punya daftar blog yang wajib saya baca, saya gak punya panutan, dan saya juga tak terinspirasi oleh siapapun dalam dunia blog ini. Bener lho, mungkin kebanyakan teman sejak dulu udah baca blog-blog yang belakangan saya tau ternyata sejak dulu tuh tenar banget, tapi saya sama sekali gak pernah tau tentang keberadaan blog-blog itu *ya ampun neng, kemana aja???*. Pernah satu kali si Puti ngebahas tentang suatu blog waktu kami lagi bbm-an, dan saya terdiam karena gak pernah tau blog itu, sampe Puti aja heran kenapa saya kok bisa gak tau sama blog itu??? Ya saya sendiri juga gak tau kenapa :D. Mungkin sih saya gak pernah tau tentang blog mereka  karena gak pernah nyari sesuatu di google kemudian terdampar di blog mereka :). Serius nih, gak pernah nyari resep trus nyasar di blog ibu AN? Ya serius gak pernah, kalo pernah kan pasti saya ingat sama blognya, saya sendiri baru nge-eksplore resep-resepnya setelah dengan sengaja mampir ke blog beliau begitu dapat link-nya. Lagian dulu tuh saya selalu ngerasa waktu saya sempit banget kalo dipake untuk blog walking.

Awal kerja saat masih single sampai hamil, saya ketiban banyak sekali kerjaan yang bikin saya harus begadang hampir tiap malam untuk bikin aplikasi, boro-boro mo lama-lama berselancar di dunia maya untuk menikmati blog yang berisikan cerita kehidupan, yang adanya kalo nge-google paling yang saya cari adalah yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi atau setelah saya hamil yang berhubungan dengan kehamilan. Itu pun untuk kehamilan saya lebih banyak membaca buku dan majalah dibanding baca artikel dari internet. Setelah punya Raja dan sedang jamannya MPASI, barulah saya banyak googling dan terdampar di beberapa blog ibu-ibu yang rata-rata anaknya seumuran Raja, itupun saya masih belum begitu leluasa blog walking karena waktu yang saya punya lumayan sempit. Tiap hari kerja, antara jam 11 – 1 siang saya harus pulang untuk menyusui dan memerah ASI. Jam 4 teng, udah harus pulang. Jadi waktu saya sedikit banget di kantor, hampir gak ada waktu untuk berlama-lama di dunia maya. Kalo udah nyampe rumah kan waktu saya dipake untuk Raja aja, gak kepikiranlah untuk ngenet di rumah. Beda dengan sekarang yang mana saya gak perlu lagi pulang ke rumah di siang hari, dan sorenya pun udah lumayan fleksibel, gak mesti jam 4 teng pulang, walopun tetep sih tiap hari diusahain kalo bisa jam 4 udah cabut dari kantor…hihihihi…

Saya baru punya daftar blog untuk dibaca setelah punya beberapa teman di dunia maya. Yang pertama tentu aja si Puti, One, dan mommy-nya Favian, yang mana ketiganya udah saling kenal dengan saya sejak jaman FS dulu dan yang mana mereka bertiga bekerja di perusahaan yang sama dengan saya walo beda lokasi, satunya di Lampung, satunya di Kediri, dan satunya (saat itu) di Bangka. Trus lanjut ke Indah (kenal setelah dia komen di tulisan saya tentang keju..aih, inget jaman itu ya Ndah, kita saling manggil ‘mbak’ hahahaha), trus jeng Soes (kenalnya karena dia mampir duluan di blog FS saya dan setelah saya pindah ke WP, baru saya balik ngunjungin dia), trus jeng Rully (kenal waktu saya googling tentang keju dan terdampar di blognya), trus Bundit (kenal karena hasil googling tentang MPASI), trus jeng Motik, dan kemudian berlanjut terus, kian bertambah hingga sekarang…

Dan kalo dulu pergaulan blog saya terbatas pada ibu-ibu yang sama-sama lagi belajar soal tumbuh kembang anak, maka sekarang sih tetep masih kebanyakan seputar ibu-ibu juga, hehe, tapi udah meluas lah karena sekarang lewat blog ini saya juga berteman dengan beberapa bapak, gadis-gadis muda, ibu muda kece yang masih dikasih waktu untuk pacaran sama suaminya, serta beberapa wanita dewasa seperti Bu Prih, mbak Evi, dan Kak Monda yang mana dari mereka saya banyak belajar tentang kebijaksanaan :)

Kalo soal manfaat ngeblog yang saya rasain…aduh, rasanya banyak sekali ya..bener lho…literally BANYAK SEKALI, tapi manfaat terbesar yang saya rasakan adalah karena bisa kenal dengan teman-teman semua dengan latar belakangnya masing-masing dan punya cerita-cerita yang begitu menarik, yang mana di setiap tulisan teman-teman saya bisa melihat sisi kehidupan yang berbeda dan jujur, saya banyak belajar dari blog teman-teman :). Bagi saya, semua kisah kehidupan tuh unik dan luar biasa, sesederhana apapun kita ngerasa hidup kita ini, tapi begitu kita tuangkan cerita-cerita kita, pasti ada aja orang yang tertarik untuk baca dan bahkan belajar dari situ.

Kita gak harus jadi terkenal untuk kemudian punya nyali bercerita tentang kita, kita juga gak mesti punya barang-barang bagus dan mahal dulu baru kemudian pe-de bercerita di blog, kita gak perlu diakui punya selera yang bagus dan berkelas baru kemudian berani membagikan lewat tulisan apa yang menjadi selera kita,  daaann…kita gak perlu memastikan tulisan kita bermutu atau tidak dulu baru berani dan punya semangat nge-publish cerita-cerita kita, toh bakal nulisnya juga di blog pribadi ini, bukannya mo bikin buku atau mo nerbitin artikel di media cetak kan? Makanya pengen deh saya pentung si Jeng Soes yang beberapa waktu lalu saat bertelepon dengan saya bilang gini, “Kalo elo kan isi blognya tuh bermutu, Lis, beda ama gue yang keknya isinya tuh itu-itu mulu’, jadi bingung mo nulis apa lagi…” Haduh…coba deh, siapa di sini yang kenal sama jeng Soes? Tau kan gimana dia kalo nulis? Ada yang mo bilang kalo tulisannya gak bermutu? Saya yakin, semua yang pernah baca tulisannya Soesan Noerina di blog keluarganya, pasti ngerasain hal yang kurang lebih sama dengan saya, yakni tulisan-tulisannya tuh bikin pikiran kita jadi seger karena dia punya selera humor yang kocak banget…bahkan hal-hal horor seputar dia keguguran dan melahirkan pun masih bisa dikemasnya dengan selera humor dia yang luar biasa, bikin kita yang baca rasanya jadi nano-nano, antara sedih, serem, dan lucu… Makanya, Soesan, ayo dong ngeblog lagiiii…kangen niiiihhhh :D. Etapi ini saya teriak-teriak di sini ke Soesan, percuma juga sih, dia gak mungkin baca sekarang, tar deh sms dia lagi…hihihi…

Nah, contoh ini hanya salah satu contoh yang mana memang kadang kitanya aja yang ngerasa tulisan kita gak bermutu, padahal buat orang lain yang baca, tulisan kita tuh sebenarnya bermutu dan seperti yang saya bilang di atas, namanya kisah kehidupan tuh pasti menarik untuk disimak bahkan dikulik..huehehehe….

Saya sendiri juga gak pernah ngerasa kalo tulisan saya bermutu, saya malah suka ngerasa saya ini kalo nulis kok ngebosenin ya, paling yang diceritain juga soal keluarga kami *ya masak soal keluarga tetangga gitu jeng???*, jarang banget gitu mengangkat hal-hal yang dianggap tabu, menjadi layak dan patut untuk diperbincangkan *mendadak jadi presenter Silet*, dan kalo nulis tuh panjang-panjang pulak, macam yang isinya menarik banget aja. Saya juga gak punya selera humor yang bagus yang bisa membantu nge-refresh pikiran teman-teman yang mampir di sini. Latar belakang saya pun sederhana banget.

Namun, dengan segala kekurangan yang saya punya, saya gak akan berhenti nulis di sini. Lagipula tujuan saya sejak awal menulis di sini kan untuk mengunci kenangan keluarga kami. Menarik atau gaknya bagi orang lain, itu adalah perkara yang ke sekian, yang terpenting, saya dan keluarga nyaman membaca isi blog ini, meski tak dapat dipungkiri hadirnya teman-teman di sini dan kesedian teman-teman berkomentar memberikan semangat tersendiri buat saya :)

Ngomongin soal kesederhanaan dan hal-hal yang biasa-biasa banget, saya teringat pada Laura Ingalls. Kalo kita baca ceritanya, sebenarnya gak juga ada hal yang luar biasa banget sih. Dia cuma cerita tentang perjalanan dan petualangan keluarganya. Ada sih beberapa kisah menegangkan, tapi ya gak gimana banget gitu. Bapaknya bukan pahlawan di masa mereka, cuma seorang bapak yang doyan ngajak keluarga berpindah-pindah tempat untuk membuka ladang baru, hal yang umum terjadi di masa mereka. Ibunya bukan artis melainkan hanya ibu rumah tangga sederhana yang mendedikasikan hidupnya untuk mengurus keluarga. Hidup mereka biasa-biasa aja, namun setelah dikemas dalam bentuk tulisan, lihatlah begitu banyak orang yang kemudian terinspirasi dari hidup mereka yang sederhana itu…

Balik lagi ke soal blog, bagi saya sendiri, blog pribadi ya isinya suka-suka yang punya lah, gak mesti ada aturan harus begini dan begitu, paling nanti akan tergantung audience-nya, suka apa gak dengan blog itu. Kalo saya bakal langsung close tab ketika menemukan blog yang isinya penghinaan terhadap agama dan terutama Tuhan, blog yang isinya mengkritisi (kadang sih mengkritisi dan nyinyir beda tipis ya) hampir segala hal (bukan apa-apa ya, kalo baca hal-hal yang kritis terus bisa bikin pening kepala, hehe), juga blog yang banyak menebarkan aura negatif. Nantinya memang pembaca blog kita akan tersaring sendiri, ibaratnya mengalami seleksi alam. yang suka sama cerita-cerita kita ya akan terus mampir, kalo gak suka ya dadah bye-bye. Yang punya rasa klik dengan kita bisa jadi tak hanya akan menjadi sebatas teman ngeblog, tapi juga akan menjadi teman curhat di luar dunia ngeblog, hey, I’ve found some blogging friends who finally became friends outside blog…and they’re just so nice..as nice as they are in their blogsthank you guys..our friendship means a lot of things for me :)

Trus setelah sekian tahun ngeblog, gimana kemajuan blog ini? Ya sampe sekarang levelnya biasa-biasa aja sih..hehehehe…. Page Rank di Google, masih dapat nomor 2. Berdasarkan statistik WordPress, pengunjung blog ini kalo tanpa tulisan baru antara 500an – 600an hits per harinya, kalo ada tulisan baru maka bervariasi antara 600an – 900an hits. Kalo di Alexa, posisi sekarang ranking dunia di angka 582.206, di Indonesia di angka 8.641, kalo angka di Alexa ini sih bervariasi banget, tiap hari keknya beda deh. Tapi ada yang mengejutkan di Alexa ini, karena ternyata menurut analisisnya (yang saya gak tau darimana dia bisa nganalisis itu), pengunjung blog ini membaca rata-rata 11 halaman berbeda setiap harinya, dan menghabiskan waktu lebih dari 30 menit di blog ini dalam setiap kunjungan. Bagian terakhir ini yang bikin saya terharu..huhuhuhuhu…. Makasih ya teman-teman, udah mau berlama-lama mampir ke rumah kami ini. Serius lho, saya pernah baca di blog mana gitu, katanya rata-rata pengunjung mampir di blog kita itu paling semenit, kalo bisa dapat dua-tiga menit, itu bonus besar. Lha ini, malah sampe lebih dari 30 menit? Itu luar biasa, at least menurut saya…sekali lagi, makasih ya teman-teman, karena seperti yang saya bilang di atas, meski tujuan blog ini adalah untuk dokumentasi pribadi, namun tak bisa saya pungkiri bahwa hadirnya para pembaca serta berbagai komentar positif bikin semangat nulis bertambah :)

Ya sudah, demikianlah obrolan singkat kita di jam istirahat siang ini. Selamat hari Senin semuanya, semoga hari-hari kita menyenangkan selama seminggu ini.. God bless us all!

69 thoughts on “Soal Kerjaan, Soal Korupsi, dan Soal Blog

  1. *sembah* kereeeen banget mba, aku menjiwai banget baca soal cerita ngeblognya. sampai di ulang-ulang bacanya. . tulisan mba emang nagih kok

    • Yuk sama-sama nyembah…nyembah ke Tuhan kan jeng? :P

      Aih, makasih ya jeng, sampe dibaca ulang-ulang gitu :D

  2. emang keren kok jeng..banyak informasi didapatkan di blog ini..dan detail pula cerita ceritanya..misalnya soal MPASI belut itu…dari a dan z belut diceritain..terus misalnya soal perkawinan adat batak *soal adik ipar jeng yang menikah dulu itu…terus A dan Z nya soal anak anak..hehhe keren keren…one stop reading lah kalo kesini…banyak ilmu..:) welldone jeng..
    soal pelem itu lihat iklannya di tv..tapi blom lihat..
    keren dan asyik tuh..nobar sama kawan kawan
    Happy monday…and happy blogging jeng…TFS yah..

    • Iklannya memang ada di TV tapi gak diputer secara luas, karena metode pemasarannya mereka pilih dengan cara road show gitu ke instansi2 jeng…

      Makasih ya mama Kinan, aku juga belajar dari blognya mama Kinan juga :)

  3. kan aku waktu itu udah minta pertanggungjawabanmu jeng….

    seharian ga kerja cuman mbacain blog-mu….heheheh :)

    Keren-keren…. :D

    Itu pilemnya udah tayang ya? #emakgagaol

    • Huwahahahaha…makasih jeng Pungkyyyy!! :D

      Udah tayang tapi gak ditayangin untuk umum, mereka gak jual tiket jeng, pemasarannya dengan cara road show gitu ke instansi2 gitu :)

  4. eh iya kenapa pilem itu ga diputer di bioskop reguler ya? padahal kan penasaran pengen liat juga. Apalagi kalo udah nyangkut2 korupsi. hiih..gemess..

    Aku juga ngeblog untuk bikin jurnal keluarga aja. Biar memorable gitu di baca nantinya ;)

    • Iya tuh mereka gak komersilkan filmnya, pemasarannya dengan cara road show aja…

      Samaa…aku juga ngeblog demi dokumentasi keluarga, kalo ternyata bisa berguna untuk yang lain ya bersyukur banget rasanya :)

  5. blog bagus juga buat punya temen baru ya Lis. dan karena emang pingin benar2 kenal dg teman2 baru kita, baca blognya ya musti seriuslah. kalo cuma 1 menit mungkin 1 postingan aja gak kelar.

    • Bener banget tuh Nov, kalo cuma semenit mah apa yang dibaca yak? Tapi mungkin rata-ratanya jadi kayak gitu karena banyak banget kan pengunjung blog yang ninggalin komen cuma, “nice info gan” gitu-gitu :D

  6. hmmmmmmmm
    ternyata setelah beberapa hari absen, samua dikasih satu disini….

    kita yg baca aja capek, apa lagi yang ngetik ini…

    selamat ya kak, kerjaan terselesaikan…

  7. hehehehe selamat akhirnya kelar juga tuh coding kebut semalem ya… pake acara nonton barnge gitu ya….. keren…

    satu hal lagi… blog ini top juga ternyata.. saya sudah lama tidak ngechek begituan.. jadi penasaran punya saya berapa ya….

    korupsi… masuk kerja dengan nyogok… jadi pilih gubernur DKI yang iklan paling dikit aja ya… hehehehe

    • Iya nih, kerjaan ditutup dengan nonton bareng :D

      Di browser saya kapan hari itu gak sengaja keinstal toolbar Alexa, jadi gampang banget ngeceknya..hihihhi…

      Dan satu lagi tips untuk milih gubernur sana, jangan pilih gubernur yang janjinya bisa ngurangin kemacetan dan banjir di jakarta, sementara di kota asal dia sendiri yang jumlah kendaraan gak seberapa banyak dibanding jakarta, kemacetan di ruas luar kota bisa sampe 8 jam-an dan bahkan di kantor dia sendiri suka kebanjiran :P

    • Hehe…memang sebenarnya masih sedikit ya mbak cewek di dunia IT ini, e tapi skrg udah makin banyak ding :D

      Kalo blog mbak Lidya memang top!

  8. gw udah nonton mba filmnya, bagus yah, sekarang dikirimin DVDnya pula sama kantor pusat untuk ditonton lagi.
    awal-awal tau blog ini gw bukan cuma 30 menit kayaknya, tapi 3 jam kali. kebiasaan gw kalo nemu bacaan baru yang asik pasti dibaca sampe habis dulu.
    senengnya karena gaya cerita mba allisa yang detail dan runut sekali, gak kayak gw ceritanya lompat sana-sini gak keruan.
    i love your blog :)

    • Katanya kami juga mo dikirimin DVD-nya, Ty…bagus sih biar bisa ditonton ulang, ide ceritanya bagus juga ya…

      Btw, kok sasarannya intansi2 kita yaaaa??? Hahahaha

      Thank you Etty…it’s so nice to know u too *big hug*

  9. itu yg banyak terjadi di negara kita ya Lis, orang yg ngomong ttg Tuhan malah melakukan hal hal yg bertentangan, org spt ini banyak sekaliiiiiiiiiiii

    kalau suamiku kuceritiin ttg kalau di tanah air mau kerja itu byk yg hrs nyogok dulu berpuluh puluh juta, dia nggak percaya lho, sama sekali nggak percaya, soalnya nggak ada di sini

    • Gak masuk akal banget ya mbak, mau kerja utk cari duit kok mesti ngeluarin duit segitu banyak. Kalo aku sih drpd duitnya dikasih ke orang yang gak jelas, mending dipake buat modal usaha :D

  10. Lis, selamat ya target penyelesaian pekerjaan tercapai malah maju waktu dan nambah spec.

    Berbagai tujuan ngeblog dan moto Lis untuk mendokumentasikan kenangan nya indah, senada koq kita bisa menikmati karya Laura Ingals dari catatan beliau yang penuh kesantunan dan nilai kekeluargaan.

    Selamat terus berkarya, btw trim disebut … fakta berumur terbukti tentang bijaksana masih belajar terus hehe. Salam

    • Terima kasih bu Prih… Saya kalo main ke blog bu Prih pasti nambah pengetahuan baru :)

      Laura Ingalls memang luar biasa ya bu, hidup sederhananya bisa jadi inspirasi bagi banyak orang :)

    • Aku selalu baca blognya mamanya Hilsya….tapi lewat google reader, mbak, hehe…dan aku juga kan berlangganan blognya mbak via email :)

  11. Hiyak bentul sekali. Pembaca blog kita tuh lama2 akan terseleksi sendiri kok. Klo cocok ya dia akan terus baca. Wlo mungkin ga selalu meninggalkan komentar :) aku terharu deh, waktu itu ada pembaca yg bilang kalo she has been reading my blog for years sebelom akhirnya meninggalkan komen untuk pertama kali :) Banyak jg temen blog seangkatan (yg thn 2005-2006) saling mengunjungi satu sama lain, skrg udah ga nulis lagi. Temen blog terlama-ku ya si Zilko itu (zilko.wordpress).

  12. Hi, salam kenal,Selama ini sy silent reader di blog ini. Suka dengan blog ini krn menginspirasi utk menulis, tp blom kesampain jg bikin blognya.seneng banget baca cerita terutama cerita ttg Raja dan semua hal yg selalu disyukuri dlm hidup. Btw sy panggil jeung aja yah, krn keknya lebih tuaan sy hehe…thank youu :))

    • Halo, salam kenal juga…panggil Allisa juga gak apa-apa :)

      Makasih ya, selama ini udah mampir ke sini, aku seneng banget lho…ayooo..ditunggu cerita-ceritanya lewat blog :)

  13. Lis segini singkat yang panjang segimana hahaha malu sama blog sendiri yang awut awutan ga jelas. Tapi buat aku sih blog kamu adalah salah satu inspirasi dan wajib baca :D bermutu semua isinya dan yep aku jadi bagian dari orang orang yang buka blog ini lebih dari 30 menit lha wong aku pernah tiga hari tiga malem begadang bacain blog ini sampe tamat kok :mrgreen:

    • Hahahahaha…kalo panjangnya bisa-bisa lewat 5 halaman MS word pake huruf ukuran 10, Pep…hihihihi

      Ah, Pepi..kamu bikin aku tersipu malu…hahahaha…thanks ya Pep :)

  14. gua pertama ngeblog juga di FS. tapi dulu jarang2 posting. paling cuma ngereview restoran atau film aja.

    trus pindah ke multiply untuk ngeblog tentang perkembangan dan foto2 andrew. kalo gak salah, kenal ama ibu AN juga dari multiply awalnya… :D

    eh tapi trus ngebaca2 blog orang di WP (gara2 dikasih tau temen kantor), kok menarik ya ngebaca cerita orang tentang kehidupannya sendiri gitu, bukan tentang anak doang. trus jadi ikut2an pengen punya WP. dan akhirnya malah multiply nya terbengkalai… hahahaha.

    • Tau gak sih Man, aku waktu tau soal ibu AN berasa gak gaul banget di jagad maya ini…hahahaha…ya aslinya emang gak gaul sih..hihihi..

      Memang banyak ya yang berawal dari Friendster. Walo kemarin2 sempat FS nampak kuno dibanding FB, tapi aku kok kangen ya sama FS ini :D

      Kalo multiply tuh pakenya rada susah kan Man? Aku punya account multiply juga tapi gak pernah dipake :D. Lagian kalo mo komen situ musti punya account situ juga kan?

  15. Sama kayak aku dulu mbak, gak tahu apa itu blogwalking. Dulu punya blog di blogspot cuman cerita-cerita pendek gitu terus keabisan ide jadi berhenti deh :mrgreen:
    Baru tahun ini mulai buat lagi untuk membuat kenangan akan perjalanan Amanda sampai dia gede :)
    Penasaran nih sama filmnya…

    • Hihihi…toss dulu kita kalo gitu Mar, baru tau blogwalking setelah sekian lama ngeblog…wkwkwkwk

      Filmnya bagus lhoo..katanya nanti kami bakal dapat DVD-nya juga :D

  16. dan BW itu nagih……hebatnya, yang cuma tahu lewat tulisan aja, tapi berasa teman….
    kalo didunia nyata aja, aku mungkin gak akan pernah nyapa kamu karena …..ebusettt, malunya hati ini bagaikan upik abu nyapa Cinderella *apaan coba?*
    tapi lewat blog berasa *sok* kenal sekali, bisa bercanda…..
    ibaratnya kita malah kenal seseorang tidak dari covernya, tapi mencoba mengenali karakternya lewat tulisan yang dia buat, dan itu keren!!!

    • Luluuukkk!! Awas kamu kalo sampe kita ketemuan dan kamu gak mau nyapa aku…hahahaha…ada2 aja nih si Lulu :P

      Bener banget, lewat blog kita jadi ngerasa kenal dekat yah, malah kadang temen blog itu terasa lebih deket dibanding sama temen yang tiap hari ketemuan tapi jarang ngobrol sama kita :D

      • Hahahaha…iyaaaa…aku juga baru sadar…huahahaha… Ternyataaa Arman lebih jago dari kita Luk soal dongeng beginian :lol:

      • tapi kan tetep namanya Cinderella, Luk, entahkah waktu jadi upik abu atau waktu jadi putri, namanya tetep Cinderella -> malah lanjut dibahas….hihihihhi

  17. akuu.. aku yg di atas 30 menit itu :D
    padahal aku tau blog ini baru….mm.. 2 minggu lalu kayaknya kak, tapi langsung ketagihan baca.. Ini aja nyicil2 baca dari awal. hihi

    udah ah, mo lanjutin baca lagi.. :D

    • Halo Jeanie :)

      Thanks yaa udah mampir sini, dan makasiiihh udah ketagihan baca cerita kami…hahahaha… Gbu, Jean :)

  18. Paling salut baca blog nya km Lis… Kok bisa ya nge blog panjang lebar kyk begini… Kl ak mah, mana ada waktu… Pas lg mood nge-blog, kabel data ketinggalan d kantor… Baruu bentar bikin tulisan d ktr, ud ad kerjaan… Yg ada draft-draft menumpuk, dan jadinya ud g up to date utk di tampilkan… Huhuhuhu… Sempet plg BW, tapi itu pun harus sistem rapel, hihihi…

    • Aku juga heran, Nggie, kenapa kok aku kalo ngetik itu bawaannya jadi panjang-panjang. Bener, heran lho aku…hihihi…

  19. Pertama kali mampir disini karena ada link-nya dari urbanmama waktu itu lagi cari resep untuk mpasi Alika pake slowcooker eh abis itu malah sering banget maen kesini tulisannya memang bagus runut detail dan menarik bisa dibilang tiap hari lho aku buka blognya senang aja baca tulisan baru dari mama Raja, tulisan yang lama dah dibaca juga hihihi *ktauan deh memang kerjanya cuma BW aja*

    • Oalah..jadi awalnya dari TUM to? Eh, aku juga punya account di situ, tapi gak pernah aktif…hihihi… Aku memang kurang ngerasa nyaman di dalam forum2 gitu, gak tau deh kenapa :D

      Thanks ya Mama Alika :)

  20. Tenang, Lis. Aku juga kadang banyak gak taunya kalo temenku ngebahas ini, itu…
    Aku : ” Hah ? Emang siapa dia ?
    Temenku : ” itu lho yang blog nya …”

    kalo soal korupsi mah capek. Intinya aku selalu bilang sama suamiku untuk hanya membiarkan uang yang halal, uang yang memang jadi hak kami untuk dibawa pulang. bagaimanapun uang yang halal itu akan menjadi berkah buat keluarga.
    Seberapa banyaknya kita memiliki uang yang bukan hak kita, pasti gakkan keliatan hasilnya. percaya deh.

    • Hihi…ternyata sama ya Ndah :D

      Soal korupsi, mungkin bakal keliatan hasilya lewat rumah yang bagus, mobil mewah, dan istrinya kemana2 pake tas bermerk Ndah, hehehe….Tapi ujung2nya bakal keliatan hasilnya di anak-anaknya…sejauh ini belom pernah liat anak dari orang tua yang kami tau secara pribadi suka makan uang gak bener yang bisa jadi baik juga :)

  21. jiahhhhhhh nama n blog q masuk daftar hup hup hura…… #lebay mode on

    duchhhh pengen berselancar ria lagi untuk googling, BW apalagi nulis #garuk kepala banyak ketombe ;) secepatnya…….!!!!!!!

    mabok da…. kerjaan menggila, di rumah sekarang berdua ma Fave, tiap pagi makin sibuk gak boleh telat :mrgreen: dah sekolah euy tapi pulang makin molorrr dan tidur tetep jam 12 malem #tepok jidat

    dah ach kerja lagi hihihihihihi dan aq perlu meluncur ke puti n mrs.Panjaitan soalnya selalu silent reader ;) ;) apalagi besok mo ke lampuing berkunjung t4 puti ya….

  22. Hai Alissa, aku tau blog ini dari si Lulu, salam kenal ya..*salaman*
    Kalo aku sih bener2 masih kicik di dunia per-blog-an, ya gara2 dikomporin si Lulu juga. Tujuan ngeblog sebenernya pengen nulis macem jurnal harian gitu, tapi karena sadar diri belum bisa nulis sebagus, selucu dan seasik temen2 blog lain, akhirnya malah lebih seneng blog walking :)

    Dan kalo baca blog orang aku bisa sampe jam2an lho *kecuali kalo pas ada kerjaan ke luar kantor/kota*, dan sepertinya aku juga bakal menghabiskan lebih dari 30menit di blog ini hehe..

    Sorry, baru pertama mampir komennya dah kepanjangan, ijin ku-link di tempatku ya?!tengkyu…

    • Aduh sori, komentar ini ketinggalan dibalas, hehe…

      Salam kenal juga Fitri….silakan dilink, nanti aku link juga ke tempatmu yaaa :)

      Thanks banget lho udah mampir ke sini :)

  23. Btw jaman gini kalau masih ada instansi/perusahaan yang memandang Tim IT dengan sebelah mata. Terlallluuuu…….
    Yg membuat saya ketawa, tulisan yang begini panjang dianggap hanya sekedar obrolan singkat di jam istirahat siang ? hebaaattt……

    • Iya nih, padahal di sini padahal di sini semua proses bisnis udah by system, back office, front office semua udah terkoneksi se indonesia, tapi ya gitu deh :)

      Iya Uda, ini masih singkatnya, belum panjangnya lhoooo :P

  24. aku terdampar disini juga awalnya lagi browsing2 soal MPASI Lis, trus karena menarik aku sampe baca semuanya dari awal, sampe ketemu pas cerita yg ada foto kamu waktu presentasi di Jogya itu, baru deh ngeh kalo kita pernah ketemu (jelasnya aku yg ngeliat kamu) dan ternyata kamu temen seangkatan suamiku hehehe.

    aku juga ngeblog gak pernah kepikiran apalagi berharap banyak yg baca, krn tau sendiri kan, blog ku itu bener2 cuman cerita2 keluarga saja yang mungkin sangat membosankan buat orang lain, tp kan gak penting ya apa penilaian orang lain, toh itu cerita kenangan keluarga kita sendiri hehehe..

    koq jadi kepanjangan gini commentnya.

    oke lis…, keep writing.., aku suka blognya, dan semua isinya :D

    eh ketinggalan satu lagi, jadi pengen nonton film korupsi itu, aku belom pernah tau dan denger soalnya :)

    • Hehehe…what a small world ya jeng.. Aku seneeenng banget bisa kenal sama istrinya Fitroh. Dari dulu sebenarnya udah sering lho, Fitroh cerita soal istrinya, sejak kami masih pendidikan di Secapa, gak nyangka banget malah ketemu di sini… so nice to know u, Dea :)

      Iyaa…gak penting apa penilaian orang, yang penting kita enjoy..

      Thanks ya Dea, thanks karena udah mau berteman sama aku :)

      Tonton deh filmnya, baguusss :D

  25. Kalau saya kenal blog suda lama, tapi males ngisinya hahahha, Wkt itu di blogspot, skr aja udh lupa passwordnya. Stlh punya anak, jadi makin semangat ngeblog soalnya punya content yang gak habis2 diceritain, yaitu tentang anak :-)

  26. Ping-balik: Play-Doh dan Ludo « When Samosir Meets Krones……………

  27. edaa…aku mau komen soal blog. jadi teringat awal jumpa kita di dunia maya inih, ketika dikau komen di postingan sedihku. sejak itu jadi punya temen baru deh :). tetep nulis yg panjang2 ya lis, biar puas dibacanya :D

    • Iyaaa…aku inget banget sama postingan sedihmu itu..dan aku juga seneeengg bisa kenal keluarga Ina & Toni yang sungguh luar biasa :)

      Thanks ya eda :)

  28. Ping-balik: My First…Kopdar! « When Samosir Meets Krones……………

Thank you for your comment.....

