Solid Food For 8m Old Baby

Besok, Raja udah mo genap 9 bulan, so, go along with the tradition – created and built by me :D – I want to share makanan apa aja sih yang dikonsumsi Raja selama usianya yang 8 bulan ini…

Jenis makanannya tentu aja semakin bervariasi dong dibanding dengan menu makanan di usia 6 bulan dan  7 bulan kemarin. Beberapa bahan makanan baru yang saya kenalkan ke Raja di usia 8 bulan ini adalah sbb.

Makanan pokok :  macaroni, beras putih organic

Sayuran

Bayam merah. Cara paling oke untuk memasak bayam merah menurut www.wholesomebabyfood.com adalah dengan merebus atau mengukus atau menumis dengan menggunakan olive oil.

Vitamin: Vitamin A, C, Asam Pantothenic, Niasin, Riboflavin, Tiamin, Folat

Mineral: Potassium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Sodium, Zat besi, Selenium

Kembang kol. Cara paling oke untuk memasak kembang kol menurut www.wholesomebabyfood.com adalah dengan mengukus.

Vitamin: Vitamin A, C, Asam Pantothenic, Niasin, Tiamin, Folat, Vitamin B6

Mineral: Potassium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Sodium, Zat besi

Brokoli. Cara paling oke untuk memasak brokoli menurut www.wholesomebabyfood.com adalah dengan mengukus atau menumis dengan menggunakan olive oil.

Vitamin: Vitamin A, Vitamin C, Niasin, Folat, Vitamin B1, Vitamin B6, Vitamin E, Vitamin K

Mineral: Potasium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Sodium, Selenium, Zat Besi,

Tomat. Cara paling oke untuk memasak tomat menurut www.wholesomebabyfood.com adalah dengan mengukus atau menumis dengan menggunakan olive oil. Tapi tentu dong, dengan cara merebus juga tidak diharamkan :)

Vitamin: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Folat, Niasin

Mineral: Potasium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Sodium, Zat Besi, Seng, Mangan, Tembaga

Terong ungu. Cara paling oke untuk memasak tomat menurut www.wholesomebabyfood.com adalah dengan mengukus atau menumis/menggoreng dengan menggunakan olive oil.

Vitamin: Vitamin A, Vitamin C, Niasin, Folat, Tiamin, Asam Pantotenic, Vitamin K

Mineral: Potasium, Sodium, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Zat besi

Protein hewani : ikan salmon, kuning telur omega

Buah

Anggur hijau (yang manis dan tanpa biji). Cara bikinnya tinggal cuci bersih di air mengalir, kuliti, lalu cincang/haluskan. Selesai. Tinggal disajikan deh.

Anggur mengandung flavonoid yang berguna untuk kesehatan jantung dan memerangi kolesterol jahat.

Vitamin: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Niasin, Folat

Mineral: Potasium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Sodium, Zat Besi

Jambu biji merah. Kaya akan likopen dan Vitamin C. Sayang, Raja gak begitu suka sama jambu ini…jadinya hanya sekali saya berikan… hikksss…

Lain-lain : olive oil, daun salam, bawang bombay

Jadwal pemberian makannya juga berubah. Kalo sampe 7 bulan kemarin kan Raja makan besarnya hanya 2 kali sehari plus 1 kali makan puree buah segar. Nah, setelah 8 bulan, jadwal makan Raja adalah seperti berikut ini.

07.30 Sarapan

11.30 Makan siang

14.00 Selingan buah segar

16.30 Makan sore

Jadi ceritanya di usia 8 bulan, Raja mulai makan besar sebanyak 3 kali. Yang saya maksud dengan makan besar di sini adalah menu makanan dengan bahan dasar berupa makanan pokok (beras, roti, macaroni, oatmeal, kentang, jagung, dsb).

Untuk sarapan, biasanya saya tambahkan kelompok buah/sayur serta protein baik dari kacang-kacangan (cth. Kacang hijau) maupun dari produk olahan susu (cth. Keju).

Sementara, untuk makan siang dan malamnya, saya tambahkan kelompok sayur – biasanya 2 atau 3 jenis sekaligus – serta protein dari daging (cth. Daging ayam) atau telur atau ikan (saya memberi Raja ikan salmon di usianya yang ke 3dto9m) atau dari makanan olahan seperti tofu dan tempe.

Di usia ini, saya juga mulai mengenalkan bumbu penambah rasa pada makanan, seperti bawang bombay untuk menumis sayuran dengan menggunakan extra light olive oil dan daun salam untuk membuat nasi tim. Soalnya, Raja kan makin hari makin pinter tuh soal rasa merasa makanan, jadi menu makanannya musti tambah enak supaya Raja juga tambah semangat makannya.

Nah, berikut ini adalah beberapa variasi makanan yang saya berikan untuk Raja.

Sarapan

Bahan pokok yang biasanya saya berikan sebagai menu sarapan Raja adalah Roti Gandum, Oatmeal, dan Macaroni.

Baca di sini tentang cara membuat bubur roti gandum.

Kalo untuk oatmeal, saya pakai Quaker Oat Quick Cook. Cara bikin buburnya, tinggal masak 3sdm oat bersama air kaldu ayam (supaya gurih rasanya) kurleb 200ml. Masak sampe oatnya matang dan berupa bubur.

Untuk macaroninya, segenggam macaroni saya rebus bersama 200ml air kaldu sampai benar-benar lunak dan bisa dihaluskan.

Nah, sebagai variasinya, bisa dicoba nih beberapa resep yang saya buat di bawah ini.

Tommy-tommy bread

‘Bahan Pokok’ + kacang hijau + Keju Parut

Bahan pokok dimasak bersama 2 sdm tepung kacang hijau (protein nih….) dengan kurleb 200ml air kaldu ayam. Masak hingga menjadi bubur. Kalo udah, diangkat lalu beri taburan keju parut.

Raja(1056)

Orange Oat Cheesy

Bubur oatmeal diberi saus melon jingga kukus dengan sentuhan akhir berupa taburan keju parut

Raja(1024)

‘Bahan Pokok’ + Kacang Hijau + Tomat + Keju Parut (optional)

Bahan pokok dimasak bersama kacang hijau (caranya kayak di atas itu tuh…) setelah hampir matang, masukkan tomat yang sudah dikuliti, dibuang bijinya, dan dicincang. Masak hingga semua bahan matang benar. Kalo sudah, angkat, taruh di dalam mangkuk bayi dan jika mau dapat diberikan taburan keju parut

‘Bahan Pokok’ + Sayuran/Buah + Kuning Telur + Keju Parut (optional)

Rebus telur (saya pakai telur Omega, silakan pilih mau Omega 3, 6, atau 9). Ambil hanya kuningnya saja.

Bahan pokok dimasak bersama sayuran/buah misal: tomat (supaya ada vitamin dari sayur/buahnya) dengan air kaldu ayam. Setelah matang, campur dengan kuning telur rebus yang sudah dihaluskan. Setelah itu bisa ditambah keju parut.

Raja(1058)

Makan Siang / Malam

Yang pasti, kalo untuk makan siang dan malamnya, Raja selalu makan nasi tim. Kalo pake beras merah pecah kulit, berarti musti disaring lagi, soalnya kulitnya keras bo’! Tapi kalo pake beras merah biasa ato beras putih organic, gak pake disaring lagi lho…yang penting ditimnya sampe jadi bubur tapi gak juga lembek-lembek banget, alias masih tetep bertekstur supaya ngelatih Raja mengunyah.

Untuk bikin nasi tim, saya dibantu dengan slow cooker, he he… Ceritanya slow cooker ini dibeli papa dari Singapore kemaren. Merknya Toyomi. Katanya sih kalo di s’pore sana, merk ini lebih ngetop daripada Takahi. Keunggulannya, karena tembikarnya itu bisa dipake untuk dimasak di atas kompor juga. Katanya sih, memasak dengan menggunakan tembikar lebih baik daripada dengan panci stainless steel.

Cara saya memasak dengan Toyomi SC ini???? Gampang buanget….

Kalo untuk bikin nasi tim dari beras merah organic pecah kulit, 2 genggam beras dimasak bersama air kaldu ayam sebanyak kurleb 2 ruas jari tengah (diukur dari permukaan beras ya…) plus selembar daun salam. Biasanya saya mulai masak mulai pukul 9 malam dan biasanya baru matang dan menjadi bubur di pukul 6 atau 7 pagi (luamaaa….bo’!).

Sementara untuk nasi tim dari beras putih, komposisi beras dan air sama saja dengan di atas, tapi masaknya bisa jam 4.30 pagi. 3 jam kemudian sudah jadi tuh…

Raja(1048)

Toyomi High Heat Slow Cooker

Untuk sayur dan lauknya, ada 2 cara yang sering saya lakukan.

Pertama, dengan cara mencampur langsung sayur dan lauk ke dalam nasi tim. Jadi, ketika nasi sudah matang, saya campurkan sayur dan lauk yang sudah dicincang. Sejam kemudian slow cookernya saya matikan.

Kedua, dengan cara menumis. Contohnya nih, saya bikin bayam tumis.

Bahan:

10 lembar daun bayam

50 gram daging ayam rebus, cincang halus

1 sdt bawang bombay cincang

3 sdm air

1 sdm extra light olive oil

Cara memasak:

  1. Tumis bawang bombay hingga harum
  2. Masukkan bayam cincang, aduk rata
  3. Tambahkan 3 sdm air
  4. Masukkan daging ayam cincang
  5. Masak hingga tercampur rata dan matang

Kalo udah jadi, tinggal dihidangkan deh bersama nasi tim polosnya. Resep di atas bisa juga ditambah dengan tofu atau tempe cincang. Sayurannya juga bisa diganti dengan jenis sayuran lain seperti wortel + buncis, brokoli + kembang kol + wortel, wortel + labu siam, dsb… Daging ayamnya juga bisa diganti dengan ikan (jangan lupa no bones, no skin) yang sudah direbus terlebih dahulu dan dicincang.

Jika ingin menambahkan kuning telur pada menu nasi timnya, biasanya saya merebus tersendiri telur, diambil kuningnya, dihaluskan, baru disajikan bersama nasi tim.

Raja(1050)

Nasi tim + bayam tumis

47 thoughts on “Solid Food For 8m Old Baby

  1. Ping-balik: Solid Food For 8m Old Baby | Resep Nasi

  2. Tulisannya bagus banget, jadi mau coba buat untuk Felicia. btw, Raja makannya pintar ya, apa diberikan vitamin untuk nafsu makan?
    Thank you.

    • Tks mbak udah mampir di sini :)

      Raja mmg saya kasih vitamin penambah nafsu makan, mbak… vitaminnya lagu2 rohani :D soalnya Raja paling seneng makan ditemenin lagu rohani anak2 sekolah minggu, pasti deh makannya tambah semangat, he he

  3. Salama kenal mbak…

    Bayiku usia 8,5bln, tp blm tumbuh gigi, raja sdh blm? aku ya masak pake SC tapi masih aku saring soalnya klo ngrenjel zahra pasti ngemut lama dan milah ngeluarin yg ngrenjel itu… Gmn dg raja? sbtlnya aku mau ningkatin ke tekstur lbh kasar… bisa bantu mbak?

    • hai…salam kenal juga, mbak, tks udah mampir ke sini ya…

      Tumbuh gigi??? Raja sampe sekarang belom punya gigi tuuuhh…padahal sekarang usianya sdh 10bln, tp kata dokter sih it’s just a matter of time, there’s nothing to be worried about :)

      O ya mbak, coba deh solid foodnya jgn disaring, tp dihalusin aja pake tongkat penghalus makanan bayi itu lho mbak. Soalnya kan kalo disaring jadinya halus banget tuh. Pengalaman saya, klo menghaluskan makanan bayi pake tongkat penghalus itu, maka tekstur nya bisa lebih mudah kita sesuaikan dengan kebutuhan anak kita…

  4. Makasih bantuannya…
    Oia mbak gmn ya cara membuat kaldu ikan supaya gak amis? Klo tofu diapain ya? apa bisa langsung dicampur ke bubur? merk apa yg komposisinya aman mbak..? Tb4

    • Kalo bikin kaldu ikan supaya gak amis, mungkin bisa mbak coba dengan cara menumis terlebih dahulu tulang ikan dengan menggunakan sedikit extra light olive oil dan irisan jahe. Tapi yah, gak bisa bener2 ilang juga sih mbak, makanya anak saya kurang begitu suka kalo dikasih kaldu ikan. Jadi daripada ngasih kaldunya, saya lebih sering memberi langsung daging ikannya :)

      Kalo tofu sih setau saya yang bagus tuh yang merk Sakura, mbak. Saya pernah beli yang merknya soylicious tapi begitu direbus teksturnya menjadi agak kenyal gitu jadi rada susah dihalusin.

      Yang pasti kalo untuk MPASI, pilih tofu/tahu jepang/tahu sutera yang plain mbak, jangan yang ada campuran udang atau telurnya…

      Biasanya saya langsung mencampur tofu ke dalam buburnya ketika buburnya sudah hampir jadi, mbak. Sebelumnya tofunya dicincang terlebih dahulu baru dimasukin ke dalam bubur. Tofu enak juga lho mbak kalo ditumis bersama sayuran, coba deh… :)

  5. Mo nanya lagi nih, jangan bosen ya mbak…
    Klo masak dg SC, labu parang/kentang di masukkan bersama beras atau 1 jam sblm SC dimatikan ya? gmn dengan Telur? (soalnya klo hanya merebus telur cuma 1 butir tanggung he3…)

  6. lam kenal ya mba, mba sy mo nanya nih. anak sy skrg sdh 11 bln tp knp makannya agak susah ya. sy jg sdh coba masak bubur tim tp muntah. trs knp klo sy kasi ayam, telur slalu buang2 air ya. tolong solusinya ya mba…menu apa yg cocok untuk anak sy

    • duh, mbak icha, maaf ya, saya baru approve comment mbak krn baru bisa OL lagi… Mbak, klo boleh tau, anak mbak memang sejak dulu susah makan atau baru akhir-akhir ini aja?

      Udah pernah coba bikin nasi polos saja, trus disajikan sama sayuran yang disup sama daging sapi ato ikan ato udang gak mbak? Biasanya sih,klo anak saya rada susah makan pas batpil, kalo dikasih menu kayak gitu biasanya jadi selera lagi. Menu tumisan sudah pernah coba, mbak? Biasanya anak-anak juga seneng sama tumisan sayur plus daging, karena memang rasanya jadi lebih gurih…

      Tentang ayam sama telur, kalo memang anak mbak bermasalah dengan kedua makanan tersebut, lebih baik mbak kasihnya sedikit-sedikit aja, mbak. Misalnya dimulai dengan seperempat buah kuning telur saja. Tar nanti pelan-pelan mbak tambahkan porsinya untuk anak mbak.

      Itu sih mbak yang bisa saya bantu… maaf ya mbak, klo ternyata kurang membantu, maklum, saya juga bukan pakar gizi, hanya berdasarkan pengalaman saja :)

  7. Hi, salam kenal mommy raja. Sy mau tanya, di atas kan jadwal makan raja jam 7.30, jam 11.30, jam 14.00, jam 16.30. Nah kalo jadwal minum susu nya kapan aja? Dan brp cc tiap kali minum. Thx for sharingnya ya

    • Kalo jadwal minum susunya di sela2 jadwal makannya, mom. Kalo pagi biasanya minum susu jam 8.30. Wkt usianya 8m, sekali minum 300ml, mom…

      Thx jg ud mampir sini. Salam kenal juga yaaa…

  8. Wah hebat skali raja bisa minum susu 1 jam stlh maem. Babyku usia 11 bulan n belakangan makin susah mimik susu nya. Padahal sudah diselang waktu 2-3 jam dr jam maem tp tetep susah. Kira2 ada saran ga mom raja? Tq

  9. hai mb… slam kenal yaa… btw aq seneng bs baca web mb ni.. sgt sgt bermanfaat bgt buat aq yg secara blom punya pengalaman bnyk terutama utk masak MPASI.
    dan ni sgt membantu aq utk kasih MPASI homemade hehe.. (tar bnyk yg q contek y mb…)
    btw q msh bingung ni mb ttg tulisan mb d atas. Beras Merah pecah kulit. Apa smua Beras Merah yg jenis organic tu becah kulit?? ciri2ny spt ap y?? coz kmren q bli beras merah organic tp d kemasanny gak ad ket pecah kulit gt. Apa itu prlu d saring lg klo sdh jd bubur?? tengkyu b4 utk jawaban ny ya mbak… n salam buat si raja ;))

    • Tks juga mbak udah mampir ke sini, moga-moga resep di sini bisa berguna juga untuk si kecil ;)

      Beras merah pecah kulit itu adalah beras merah yang masih ada kulit kerasnya itu lho, mbak, saya juga gak pasti apakah semua beras merah organik adalah beras merah pecah kulit, tapi yang pasti kalo yang mbak beli itu bersertifikat organik dan masih ada kulit kerasnya ya berarti mbak sudah membeli beras merah pecah kulit organik ;)

      Untuk bayi kayaknya memang harus disaring deh mbak, soalnya kulitnya itu lumayan keras, kasian si bayinya tar susah mencernanya dan dari pengalaman saya agak susah membuat beras merah pecah kulit bener-bener jadi bubur karena berasnya keras :D

  10. met siang mbak… hehe q nongol lg ni smg ga bosen yaa… yg mo sy tanya ni ttg masak bubur dari beras putih n merah dari slow cooker. pengalaman q bikin bubur tuh kok klo ud mateng buburnya (skitar 4 jam utk bubur beras puth) airnya masih banyak ya mbak d slow cookernya??? bknny klo ud mateng tuh airny meresap gtu?? jdny q saring lg utk ngilangin airnya gt.. bner ga sih cara masakq ni.. klo pengalaman mbak gmn yaa?? tq banget jwbny ;)

    • Seharusnya memang kalo sudah matang airnya meresap, mbak, mungkin airnya perlu dikurangin aja dari yang biasanya, mbak.

      O ya, kadang juga airnya terlihat msh banyak tapi begitu diaduk ternyata airnya udah langsung keserap sama buburnya. Tapi klo mmg msh banyak banget, sebaiknya saat memasak airnya dikurangi aja, mbak.

      • siang mbak.. q nanya lg ya..
        utk masak bubur beras pth pake slow cooker tuh patokan airny seberapa y mb?? n bubur beras merah jg seberapa?? tq banget..

      • Klo utk beras putih biasanya saya pake air sebanyak dua ruas jari dihitung dari permukaan berasnya, mbak… kalo beras merah saya tambahin dikit dan waktu memasaknya juga jadi lebih lama, tapi itupun tetap masih harus disaring lagi karena beras merahnya keras…

  11. Wah mba..ak baru baca web nya nih.. Bagus bgt.. Bwt nmbah2 ilmu jg nih.. Oia mba, saya mau tanya mengenai tofu.. Kmarin saya nitip beliin tofu lewat adik..dibelikan yang merk soylicious. Pas baca komen mba yang diatas kan bagusan sakura ya. Tofu soyliciousnya ama tidak untuk makanan bayi.niatnya baru mau ak cobain tofu ke baby zahra. Makasih ya mba..

    • Halo, mbak, maaf baru balas sekarang commentnya… Saya sebenarnya bukan ahli yang ginian, lho, mbak… tapi kalo menurut saya, merk apapun asal yang plain jangan dulu yang pake rasa telur dan udang atau rasa lainnya karena kan masih untuk perkenalan :)

    • Gak mbak, 2 genggam itu dimasak sekali untuk dua kali makan, siang dan sore. Kalo saya, dua genggam penuh mbak, jadi slow cookernya jadinya penuh waktu berasnya udah jadi bubur :)

  12. salam kenal mommy radja, aq ratna bunda talita (7m15d). udh brp kali nyoba bikin bubur beras merah pk SC blm berhasil. knp aq blng blm berhasil, krn airnya msh byk dan beras merahnya blm terlalu lembek. terakhir nyoba, aq masak jam 11.30 malem dan aq liat jam 5 pagi air cuma berkurang dikit tp beras udh lembek, mgkn airnya kebanyakan kali ya. berasnya aq masukin 2 genggam ga penuh, airnya kira2 3ruas jari,, hehehehe

    • Halo Ratna..

      Kamu pake beras merah apa? Yang masih ada kulitnya atau yang gak ada kulitnya lagi?

      Kalo yang ada kulitnya, memang lamaaa dan udah matang pun tetep masih agak keras, jadi masih perlu disaring. Tapi kalo yang udah gak ada kulitnya, masaknya sama aja sih dengan beras putih : beras dua genggam, air sebanyak dua ruas jari dari permukaan beras :)

      • aku pk beras merah msh ad kulit kynya (keras soalnya, pecah kulit bukan ya istilahnya). klo yg organik mesti ad kulitnya atau ada yg ga ya? aq beli di spm merk mentari berasnya. tp td malem aq nyoba masak jam 9 mlm dgn byk beras 2 genggam tp airnya dikurangin cuma 2 ruas kurleb dr permukaan pot (aq ksh air termos, kali aj lbh cpt empuk berasnya, hehehe), ehh aku liat jam 5 pagi udh hampir mateng buburnyaa msh ad air dikitt siii,, iyah krn kulitnya keras, selalu disaring dulu sblm diksh. oiyaa, sharing resep2 bubur saring donk mommy radja, aq selama ini cuma ilmu campur (ceker, kacang polong, buncis, kentang, tempe, tahu),, hehehe, tgl divariasiin ajah tiap harinya mau nyampurr mana ajahh

  13. hi mba.. aku mau tanya lagi nih.. hehe.. kalo porsi makan anak 8 bulan tuh kira2 berapa banyak yah? aku lg bingung nih,, soalnya anakku makan agak susah,, mesti sambil main jadi dia sibuk ga berasa mulutnya baru buka,, memang katanya beda2 yah tiap anak.. kalo raja waktu 8 bulan berapa banyak kira2? thx mba..

  14. Kak Allisa, waktu anak saya 7 bulan saya mulai masak buburnya pake kaldu dari ceker dan hati ayam. Salahnya saya ga pake ayam kampung, secara di denpasar ga selalu tersedia ayam kampung di pasar. Terus anak saya jadi mencret, bukan air tapi sedikit ampas berlendir ada titik merah yg saya duga darah. Lama pula sembuhnya kira2 12 hari sambil minum obat dokter + susu diganti yang non lactosa.
    Sejak itu atas saran dokter susunya diganti soya dan saya jadi takut2 mau kenalin menu baru, apalagi protein dari hewan, padahal sebentar lagi dia sudah 8 bulan, sedih deh rasanya belom bisa nyoba menu yang kakak tulis ini, saya takut juga anak saya kurang gizinya, kali aja kak Allisa punya saran buat saya.. Selama ini untuk protein saya pakai gasol kacang ijo dan tofu. Kalo tempe milihnya yang gimana yang bagus untuk bayi kak?

    • Terus terang kalo saya gak pernah ngasih hati ke raja, soalnya hati itu kan salah satu fungsinya memakan mikroorganisme…hehe…ya, saya mmg lumayan parnoan :D

      Saya bukan ahli gizi atau dokter, tapi klo boleh saya saran, mgkn lebih baik protein hewaninya dikenalkan saat usia sudah 9bulan atau 8 bulan akhir. Raja jg saya kenalkan dengan ikan salmon saat usianya di akhir 8 bulan :)

      Kalo milih tempe, saya biasanya milih seperti tempe utk dewasa yaitu yang warnanya cerah, ada lapisan jamur putih tipis, dan berbau khas tempe :)

  15. Hi mom,salam kenal ya :)
    Very helpful deh blog nya..
    Btw,masi mau ngerepotin nih mom,mau tanya manajemen belanja buah/sayuran Raja gimana tuh yaaa.. kelihatannya nggak di frozen ya mom,apa gak cepet rusak?
    Secara kan pakainya sedikit2 aja
    Trus,klo blanja sebulan sekali tuh gmn ya,bisa nggak yaa?
    TIA mom

    • Salam kenal juga :)

      Kalo belanja untuk bahan makanan biasanya seminggu sekali, tergantung jenis makanannya. Kalo kayak sayur bayam, saya belinya gak seminggu sekali, tapi belinya sehari sebelum dimasakkan buat Raja…

  16. hai Mommy Radja

    Txs u buat infonya..

    Mom, saat ini Abel udah almost 10 bulan.. Alhamdulillah makannya lahap (mskipun ada beberapa kali suka di ttup mulutnya)… tapi, tiap kali mam,, ga lama dia pup..
    wajar atau gimana ya mom?

    oiya mom pernah ga bawa Radja ke luar negri pas masih bayi? rencana aku sekeluarga mau liburan ke KL.. nanti pas ke KL, abel udah genap 1 tahun 1 bulan.. Bingung mau kasih mam apa, sampai saat ini aku belum berani kasih nasi lembek (secara giginya belom nongol). temen nyaranin bawa SC aja, cuma nanti pas di airport repot ga ya ngurus ijinnya secara elektronik.

    makasih ya mom sebelumnya..

  17. mau tanya mba…kalau masak pakai sc itu…kan misal masak dari malem lalu paginya sudah matang/ jadi..nah kalau untuk makan siang/sore..sc nya dicolok terus ke listrik gpp? atau gmn? sy baru mau beli sc nya sih…lagi cr2 info…trmksh :)

    • saya biasanya masak subuh untuk dimakan siang dan sore. Kalo pagi sarapannya menunya saya bedain. Gak apa kok terus dicolok, tapi kalo ragu dan gak mau buburnya jadi tll kering, mending keluarin aja dari sc trus disimpan dalam rice cooker/magic jar jadi tetep hangat tanpa buburnya jadi kering.

Thank you for your comment.....

